Jumat, 07 Juni 2013

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA Ny. “S ” DENGAN MASALAH UTAMA GANGGUAN KONSEP DIRI : HARGA DIRI RENDAH



STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA Ny. “ S ” DENGAN MASALAH UTAMA GANGGUAN KONSEP DIRI :
HARGA DIRI RENDAH  DI RUANG DAHLIA
 RUMAH SAKIT JIWA

Hari/Tanggal      : Selasa,07 Juni 2011
Waktu                : 10.00 WITA
Pertemuan Ke    : 1 (TUK I)
A. PROSES KEPERAWATAN
1.   Kondisi  Klien
Sebelum masuk RSJ, klien sering menyendiri, merenung dan kurang tidur, keluyuran dan kadang  klien juga bicaranya ngelantur.
Klien mengatakan mengalami kesulitan ekonomi karena tidak punya kerjaan, sulit cari kerja. Klien sangat sedih dan dia merasa dirinya itu sangat rendah dan tidak berguna karena tidak punya kerjaan. Hal tersebut membuatnnya sering marah-marah dan mengamuk di rumah, akhirnya ia dibawa ke RSJ.
 2.  Diagnosa  Keperawatan
Gangguan  konsep diri : harga diri rendah.
3.   Tujuan  Khusus
Klien  dapat  membina  hubungan  saling  percaya  dengan  perawat.
4.   Tindakan  Keperawatan
Klien  dapat  membina  hubungan  saling  percaya.
4.1 Bina  hubungan  saling  percaya.
      - Salam trapeutik
      - Perkenalkan diri
      - Jelaskan tujuan inteniksi
      - Ciptakan lingkungan yang tenang
      - Buat kontrak yang jelas (waktu, tempat dan topik pembicaraan).
4.2  Beri kesempatan pada klien untuk mengungakapkan perasaannya
4.3  Sediakan waktu untuk mendengarkan klien
 4.4 Katakan pada klien bahwa ia adalah seseorang yang berharga dan bertanggung jawab serta mampu menolong dirinya sendiri.
B. PROSES  PELAKSANAAN  TINDAKAN
1.   Orientasi
1.1 Salam  Terapiutik
Assalamu’alaikum wr. wb.
“Selamat  siang  Ny “ S “,  Bagaimana  kabar  Ibu  hari  ini…???
Perkenalkan  saya  Mona, dari  Akper  Sakra  Lombok  Timur  yang   akan  merawat  dan  menemani  Ibu  selama  satu  minggu  ke depan,  Ibu  bisa  panggil  saya  Mona,  saya  dari  Sambelia Kab.Lombok  Timur.
1.2 Kontak
(Topik) :  Saya  di sini  bertugas  untuk  merawat  dan  mengobservasi  bagaimana  perkembangan  Ibu  setiap  hari  dan  selama  satu  minggu  ke depan  ini, kalau  Ibu  perlu  sesuatu  Ibu  bisa panggil saya, dan sekarang  kita  akan  mulai  membicarakan  hal-hal yang  berhubungan  dengan  Ibu,  apa  Ibu  bersedia??.
(Waktu) :  Ibu  sanggupnya  kita  ngobrol  berapa  menit..??  setuju  tidak  kalau  30  menit..?? klien menganggukkan kepala smbil berkata iya dengan nada yang kecil…
(Tempat) : Ibu  bagaimana  kalau  kita  ngobrol-ngobrol  dikoridor  duduk  di  bangku  itu ??  Iya,  boleh !! ayo..!
2.   Kerja
2.1 Masih  ingat  nama  saya  Bu ??
2.2 Seperti  pembicaraan  kita  dari  awal  sekarang  kita  mau  bicara  tentang  hal-hal  yang  berhubungan  dengan  Ibu,
2.3 Biasa  di rumah  kesibukan  Ibu  apa.?
2.4 Terus  kenapa  Ibu  bisa  dirawat  di  Rumah  Sakit  Jiwa  ini / kenapa Ibu  dibawa  kesini ?
  2.5 Siapa  yang  mengantar  Ibu  kesini  kemarin ?
3.   Terminasi
3.1 Evaluasi
(Subjektif) : Selama  30  menit  bicara  klien  dapat  mengingat  nama  perawat  dan  mejawab  pertanyaan  perawat  yang  berhubungan  dengan  dirinya.
(Objektif)   : Selama  berinteraksi, masih kurang  kooperatif, bicara  pelan, kontak mata  kurang, klien  lebih  banyak  menunduk.
3.2 Tindak  Lanjut
Kita  sudah  bicara  selama  30  menit  dan  sesuai  perjanjian  tadi  sekarang  kita  akhiri  dan  Ibu  bisa  melakukan  aktivitas  lain,  kalau  ada  apa-apa  Ibu  bisa  cari  saya.

3.3 Kontak  Akan  Datang
(Topik)    : Bagaimana  kalau  besok  siang  kita  bicara  tentang keluarga  Ibu  setuju  tidak..??  iya  setuju..!!
(Waktu)   : Besok  siang  kita  ketemu  lagi  bisa  ?? dan  bagaimana  kalau  jam  15.00  wita setelah Ibu  bangun  tidur..??  iya…baiklah !!!
(Tempat) : Bagaimana  kalau  kita  bicara  di ruangan  ya..!! ya…  terima kasih.
















STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA Ny. “ S ” DENGAN MASALAH UTAMA GANGGUAN KONSEP DIRI :
HARGA DIRI RENDAH DI RUANG DAHLIA
 RUMAH SAKIT JIWA 

Hari/Tanggal      : Rabu, 08 Juni 2011
Waktu                : 10.30 WITA
Pertemuan Ke    : 2 (TUK I)
A. PROSES KEPERAWATAN
1.   Kondisi  Klien
Klien  baru  bangun  tidur, tampak  duduk  sendiri  istirahat  di atas  tempat  tidur   sambil  menundukkan kepalanya, rambut agak rapi, baju kotor dan  tampak  kusut.
2.   Diagnosa  Keperawatan
Gangguan  konsep diri : harga diri rendah.
3.   Tujuan  Khusus
Klien  dapat  membina  hubungan  saling  percaya  dengan  perawat.
4.   Tindakan  Keperawatan
      Klien dapat membina hubungan saling percaya.
4.1 Bina  hubungan  saling  percaya.
      - Salam trapeutik
      - Perkenalkan diri
      - Jelaskan tujuan inteniksi
      - Ciptakan lingkungan yang tenang
      - Buat kontrak yang jelas (waktu, tempat dan topik pembicaraan).
4.2  Beri kesempatan pada klien untuk mengungakapkan perasaannya
4.3  Sediakan waktu untuk mendengarkan klien
 4.4 Katakan pada klien bahwa ia adalah seseorang yang berharga dan bertanggung jawab serta mampu menolong dirinya sendiri.

B. PROSES  PELAKSANAAN  TINDAKAN
1.   Orientasi
1.1 Salam  Terapiutik
“Assalamu’alaikum” Selamat  siang  Ny “S“..!!!
“Bagaimana  perasaan  Ibu  siang  ini, apalagi  sekarang  sudah   tidur  dengan   pulas  sekali…
1.2 Evaluasi
“Bagaimana  keadaan  dan  perasaan  Ibu  di siang  hari  ini.??”
1.3 Kontak
(Topik)  :   Untuk   melanjutkan  pembicaraaan   kita  kemarin  siang, kita  sudah  janji  kalau  sekarang   ini  kita  akan  membicarakan  sedikit  tentang  keluarga  dan  ceritakan  sedikit  tentang   perasaan  Ibu. Apa  Ibu  punya  waktu..?? iya baiklah..!!
(Waktu)   : Untuk  membicarakan  hal  tersebut  bagaimana  kalau  kita  bicara  ±  30  menit ??  ya…baiklah…!!!
(Tempat) : Ibu ”S” bagaimana  kalau  kita  ngobrol  sambil  duduk  di kursi  tengah  saja.?? ya..ayo !!!

2.   Kerja
2.1  Bagaimana  perasaan  Ibu ”S” siang  hari  ini.??
2.2  Kalau  boleh  saya  tahu  saudara  Ibu  berapa? Dan  Ibu “S”  anak  ke berapa dan berapa bersaudara.?
2.3  Ibu punya anak berapa dan apakah ibu masih punya suami.?
2.4  Ibu  sekarang  tinggal  dengan  siapa ?  Bagus  sekali, Ibu.
2.5 Diantara  keluarga  Ibu  siapa  yang  paling  Ibu  sayangi  dan  paling  sayang  sama  Ibu “S”??.
2.6 Siapa  orang  yang  paling  berarti  buat  Ibu “S” tempat  minta  tolong  misalkan  Ibu  membutuhkan  sesuatu.?
3.   Terminasi
3.1 Evaluasi
(Subjektif) : Setelah  30  menit  berbicara  klien  dapat  menceritakan  bahwa  klien  mengatakan  dia  anak kedua  dari  3 bersaudara, klien  masih punya suami  dan  sekarang  klien  tinggal   bersama suami dan anak-anaknya. Keluarga terdekat  klien  adalah  suami dan anak-anaknya.
(Objektif) : Klien  mulai  kooperatif  dan  sedikit  menceritakan  tentang  keluarganya,  klien  mengungkapkan  perasaannya, ekspresi  tenang  dan  santai.
 3.2 Tindak  Lanjut
Tadi  Ibu  sedikit  sudah  menceritakan  tentang  keluarga Ibu, sesuai perjanjian  kita  bahwa  waktu  kita  30  menit, maka  kita  akhiri  sampai  disini  saya  harap  kita  bisa  ketemu  lagi  besok  siang dan  sekarang  Ibu  bisa  bergabung  dengan  yang  lainnya.  
3.3 Kontak  Akan  Datang
(Topik)    : Bagaimana  kalau  besok  siang  kita  bicara  tentang kemampuan yang masih Ibu miliki baik drumah sakit, dirumah, dalam keluarga dan lingkungan...
(Waktu)   : Besok  siang  kita  bicara  jam  berapa  dan  berapa  menit Bu?? bagaimana  kalau  jam  15.00  WITA  dan  30  menit  saja ?? iya...!!!
(Tempat) : Terus  besok  siang  kita  ngobrolnya  dimana  Ibu.?? Bagaimana  kalau  besok  siang  kita  ngobrol  lagi  disini.? Iya..!!!











STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA Ny. “ S ” DENGAN MASALAH UTAMA GANGGUAN KONSEP DIRI :
GARGA DIRI RENDAH DI RUANG DAHLIA
 RUMAH SAKIT JIWA 

Hari/Tanggal      : Kamis, 09 Juni 2011
Waktu                : 12.30 WITA
Pertemuan Ke    : 3 (TUK II)
A. PROSES KEPERAWATAN
1.   Kondisi  Klien
Klien  tampak  berbaring  diatas  tempat  tidur, baju  kelihatan  bersih  namun  kusut  dan  celana  tampak  kotor  dan  kusut.
2.   Diagnosa  Keperawatan
Gangguan  konsep diri : harga diri rendah.
3.   Tujuan  Khusus
Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.
4.   Tindakan  Keperawatan
4.1 Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien
4.2 Hindarkan memberi penilaian negatif setiap bertemu klien, utamakan memberikan pujian yang realistis.
4.3 Klien dapat menilai kemampuan dan aspek positif yang dimiliki




B. PROSES PELAKSANAAN TINDAKAN
1. Orientasi
1.1 Salam  Terapiutik
”Assalamu’alaikum wr. wb... selamat  siang  Bu ”S”...!!!”
1.2 Evaluasi
“Bagaimana  perasaan  Ibu  siang  hari  ini... ??” Ibu  kelihatan  mau  istirahat  ya..?? Ooo  belum  mari..!!
1.3 Kontak
(Topik) :  Sesuai  dengan  perjanjian  kita  kemarin  siang, kalau  siang  hari  ini  kita  akan  membicarakan  kembali  tentang  kemampuan yang masih Ibu miliki baik dirumah sakit, dirumah, dalam keluarga dan lingkungan...!!
(Waktu) : Untuk  membicarakan  hal  ini  bagaimana  kalau  kita  bicara  20  menit  saja ?? ya...baik !!!
2. Kerja
    2.1  Kemarin  siang  kita  sudah  sepakat  siang  ini  kita  ingin  membicarakan  kembali tetang kemampuan yang masih dimiliki Ibu baik dirumah sakit, dirumah, dalam keluarga dan lingkungan...
2.2  Sebelumnya apa saja kemampuan yang ibu miliki???apa saja kegiatan yang bisa ibu kerjakan???
2.3  Nah, disini kita punya lima macam kegiatan yang bisa Ibu kerjakan seperti: menyapu halaman, mengepel lantai, membersihkan tempat tidur, membuang sampah dan melipat baju, dari lima kegiatan tersebut coba ibu pilih salah satu kegiatan yang akan dilakukan, bagaimana kalau kita latihan menyapu halaman,,bagus sekali Bu, bagaimana kalau kegiatan ini kita buat jadwal latihan kegiatan Ibu??iya,,,baiklah..  
3. Terminasi
3.1 Evaluasi
(Subjektif) : Bagaimana perasaan Ibu ”S” Setelah kita bercakap-cakap dan latihan menyapu halaman?? Yah, ternyata Bu ”S” banyak memiliki kemampuan yang dapat dilakukan dirumah sakit ini. Salah satunya, menyapu halaman, yang sudah Bu ”S” praktekkan dengan baik sekali. Nah kemampuan ini juga dapat dilakukan dirumah setalah Bu ”S” pulang.
                     Sekarang, mari kita masukkan pada jadwal harian. Bu ”S” mau berapa kali menyapu halaman??bagus, sekali sehari pada pagi hari...
(Objektif)   : Klien sudah dapat melakukan latihan kegiatan harian yaitu menyapu halaman.
3.2 Tindak  Lanjut
Nah  ini  sudah 20  menit  jadi  kita  cukupkan  sampai  disini  dulu  kegiatan  kita  selain  waktunya  sudah  habis, sekarang  Ibu  bisa  langsung  istirahat.



3.3 Kontak  Akan  Datang
(Topik)    : Bagaimana  kalau  besok pagi kita ketemu  lagi dan melakukan  latihan yang  kedua. Bu ”S” masih ingat kegiatan apa lagi yang mampu dilakukan dirumah sakit selain menyapu halaman??yah bagus, mengepel  lantai, klalau begitu kita akan melakukan latihan mengepel lantai besok pagi,,ya baiklah,,??
Waktu)    : Ibu  mau  ketemu  besok  pagi  jam  berapa...?? Bagaimana  kalau  jam 08.00 WITA. Iya  baiklah,,.!!
(Tempat) : Kita  besok  pagi melakukan kegiatannya dimana  Bu...?? bagaimana  kalau druang  makan..?? ya...baik.













STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA Ny. “ S ” DENGAN MASALAH UTAMA GANGGUAN KONSEP DIRI :
HARGA DIRI RENDAH DI RUANG DAHLIA
 RUMAH SAKIT JIWA 

Hari/Tanggal      : Jum’at, 10 Juni 2011
Waktu                : 10.30 WITA
Pertemuan Ke    : 4 (TUK III)
A. PROSES  KEPERAWATAN
1.   Kondisi  Klien
Klien  tampak  duduk diruang makan, baju  dan  celana  klien  kotor  dan kusut, klien  mulai  bergabung  dengan  temannya.
2.   Diagnosa  Keperawatan
Gangguan  konsep diri : harga diri rendah.
3.   Tujuan  Khusus
      Membantu pasien memilih / menetapkan kemampuan yang akan dilatih.
4.   Tindakan  Keperawatan
4.1 Mendiskusiksn dengan klien beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dan dipilih sebagai kegiatan yang akan pasien lakukan sehari-hari.
4.2 Bantu klien menetapkan kegiatan mana yang dapat klien lakukan secara mandiri, mana  kegiatan yang memerlukan bantuan minimal dari keluarga dan apa saja yang perlu bantuan penuh dari keluarga dan lingkungan terdekat klien. Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang dapat dilakukan klien. Susun bersama klien dan buat daftar kegiatan harian klien.
B. PROSES  PELAKSANAAN  TINDAKAN
1.   Orientasi
1.1 Salam  Terapiutik
”Assalamu’alaikum wr. wb... selamat  pagi Bu...!!!”
1.2 Evaluasi
“Bagaimana  perasaan  Ibu pagi  ini... ??”
1.3 Kontak
(Topik)   :  Apakah  Ibu masih  ingat  dengan  perjanjian  kita  kemarin..??, kemarin  kita  sudah  sepakat  kalau  pagi   ini  kita  akan  melakukan latihan kegiatan yang selanjutnya,,apa Ibu masih inget?? Ya benar,,membersihkan lantai..
 (Waktu) : Untuk  tersebut Ibu mau berapa  lama ??  ±  15  menit  saja !! baiklah...!!
(Tempat)  : Sesuai dengan perjanjian yang kemarin kita akan melakukan kegiatan druang makan,,bagaimana? Apakah Ibu ”S” siap??Iya...baiklah!!!
2. Kerja
2.1  Apa saja yang harus disiapkan sebelum membersihkan lantai? Sapu dan kain pel, oh ya jangan lupa sediakan larutan khusus untuk mengepel.
“ Sekarang perhatikan dulu caranya”
“ Setelah semua perlengkapan tersedia Ibu “S” menyemprotkan larutan khusus tersebut kelantai yang akan dipel lalu digosok menggunakan kain pel,,begitu seterusnya dan yang terahir sapu sampai bersih. Nah selesai…
“ Sekarang coba Bu “S” lakukan”…
“ Bagus sekali, Bu “S” dapat mempraktekkan cara mengepel lantai dengan baik. Sekarang dicuci tangannya.                                                           
2.2 Mengobsevasi  vital  sign (Tekanan  darah, nadi  dan  pernafasan)
3.   Terminasi
3.1 Evaluasi
(Subyektif) :  “Bagaimana perasaan ibu setelah membersihkan lantai,,??klien mengatakan senang sekali dengan kegiatan hari ini,,Bagaimana kalau kita memasukkan kegiatan tadi dalam jadwal harian ibu? Iya, baiklah…
 (Obyektif)   : “Klien sudah bisa melakukan latihan kegiatan harian yaitu membersihkan lantai.
 3.2 Tindak  Lanjut
Baiklah Ibu karena  waktu  sudah  habis, sekarang  Ibu bisa  melanjutkan  aktivitas lain dan  mulai  mencoba  untuk bergaul sama orang lain..!!
3.3 Kontak  yang  Akan  Datang
(Topik)   : Besok kita akan melatih kegiatan ketiga , masih ingat kegiatan apakah itu ? ya bener kita akan merapikan tempat tidur.
(Waktu)   :  Besok kita mulai jam 04.00, ya Bu,,??iya,,baiklah….
            (Tempat) : Kita  nanti  melakukan kegiatannya dikamar Ibu ya?? Agar tempat tidur Ibu ”S” rapi dan bersih..baiklah sampai ketemu besok siang!!

STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA Ny. “S ” DENGAN MASALAH UTAMA GANGGUAN KONSEP DIRI :
HARGA DIRI RENDAH DI RUANG DAHLIA
 RUMAH SAKIT JIWA

Hari/Tanggal      : Sabtu, 11 Juni 2011
Waktu                : 10.00 WITA
Pertemuan Ke    : 5 (TUK IV)
A. PROSES  KEPERAWATAN
1.   Kondisi  Klien
Klien  tampak  duduk-duduk  di korsi ruang makan dan mulai bergaul dengan teman-temannya, muka  tampak  bersemangat dan sedang makan buah, rambut  agak  kusut, pakaian  bersih  meskipun   kusut.
2.   Diagnosa  Keperawatan
Gangguan  konsep diri : harga diri rendah.
3.   Tujuan  Khusus
  Melatih kemampuan yang dipilih klien
4.   Tindakan  Keperawatan
4.1 Mendiskusikan dengan klien untuk melatih kemampuan yang dipilih
4.2 Bersama klien memperagakan kegiatan yang akan ditetapkan
4.3 Berikan dukungan dan pujian pada setiap kegiatan yang dapat dilakukan klien.



B. PROSES  PELAKSANAAN  TINDAKAN
1.   Orientasi
1.1 Salam  Terapiutik
”Assalamu’alaikum wr. wb... selamat  siang  Ibu ”S”...!!! Bagaimana kabarnya  siang  ini..??
1.2 Evaluasi
“Bagaimana  perasaan  Ibu  siang  ini... ??”
1.3 Kontak
(Topik)   :    Selamat siang Bu , bagaimana perasaan Ibu , apakah tadi itu sudah mencoba merapikan tempat tidur , pinter sekali bu , bagaimana kalau kita melanjutkan latihan kegiatan yang ke empat ? masih ingat bu , apa yang harus kita coba sekarang ? ya benar Bu,,,!!!
(Waktu)   : Sesuai  perjanjian  kita akan melakukan latihan mencuci baju dan waktunya 20 menit ya Bu...
(Tempat)  : Kita latihannya dikamar mandi ya Bu??Iya,,baiklah!!







2.  Kerja
 2.1    Ooo  iya  kemarin  kita  sudah melakukan berbagai macam latihan,, apakah Ibu “S” masih ingat latihan-latihan apakah itu?? Iya,,Ibu “S” pinter sekali..
2.2    Nah, sekarangkan kita akan melakukan latihan mencuci baju,,pertama-tama kita kumpulkan baju Ibu “S” yang kotor kedalam ember yang berisi larutan deterjen lalu disikat, dibilas terus dijemur seperti ini.. “apakah Ibu “S” mengerti???bagus sekali Bu,,sekarang Ibu “S” coba sendiri,,yah Ibu “S” pinter sekali…kalau begitu bagaimana kalau latihan mencuci baju ini kita masukkan kedalam jadwal harian Bu “S”??Iya,,bgus sekali.. 
3.   Terminasi
3.1 Evaluasi
(Subjektif) : Nah gimana perasaan Ibu ”S” setelah melakukan semua latihan dengan baik??Iya,,bagus sekali,,yang penting Ibu ”S” tidak usah sendiri termenung, menangis seperti kemarin karna selalu merasa lebih rendah,,kita semua sama Bu dan Ibu tidak perlu merasa malu lagi,,,!!!Nah, sekarangkan Ibu ”S” sudah punya jadwal kegiatan latihan dan selama latihan Ibu selalu bisa dan Ibu ”S” bisa melakukan kegiatan itu secara rutin...Iya,,,bagus sekali Bu ”S”...!!!!
(Objektif)  :  Klien  tampak mengaggukkan kepala,
(Analisa) :  Klien tampak sedih, dan mulai menjaga kebersihan diri serta lingkungannya dan klien sudah tampak bisa bergaul dengan teman-temannya.
            (Rencana) : Intervensi tetap dipertahankan.

    
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar